Ads 468x60px

Selasa, 24 Maret 2009

Euis Winarni, SE - Guru yang Sangat Memperhatikan Siswanya

Tokoh Kita kali ini akan menampilkan sosok guru yang penuh perhatian dan kasih sayang terhadap siswa. Dialah Ibu Euis Winarni, SE. yang sehari-hari mengajar mata pelajaran IPS di kelas IX dan kelas VIII. Perhatian yang Bu Euis atau Bu Nani berikan terhadap para siswanya (khususnya kelas IX F) tidak hanya saat kegiatan pembelajaran di sekolah namun bahkan saat di luar sekolah.

Terdorong oleh rasa prihatin atas rendahnya minat dan kemauan belajar siswa, Bu Euis Winarni dibantu Pak Guruh Sabar G, S.Pd. untuk mata pelajaran Matematika dan Ibu Dina Nurnafiah, S.Pd. pada mata pelajaran Bahasa Inggris, telah menyediakan tempat khusus di kediaman beliau untuk dijadikan sebagai tempat bimbingan belajar (bimbel). Pelaksanaannya setiap hari Sabtu pukul 14.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB.

"Saya hanya membantu mendorong semangat belajar siswa kelas IX F yang begitu rendah. Saya sangat prihatin melihat kondisi tersebut. Padahal seharusnya siswa kelas IX lebih bersemangat belajar karena sebentar lagi mereka akan menghadapi Ujian Nasional". Demikian yang beliau sampaikan kepada Admin blog SMPN 1 Tambakdahan.

"Saya menyelenggarakan bimbel ini jauh sebelum program Pemantapan/Pengayaan dilaksanakan di sekolah. Jadi bimbel ini sama sekali bukan saingan apalagi menganggap Pengayaan di sekolah belum cukup. Saya hanya ingin menambah keakraban berkumpul bersama siswa sambil menambah ilmu bagi mereka."

Sebenarnya Bu Euis Winarni telah memulai kegiatan bimbel tersebut sejak tahun 2007 . Waktu itu beliau menjadi wali kelas VIII C. Keinginan beliau agar bimbel dapat menambah penguasaan materi pelajaran yang diperoleh di sekolah. Karena terkadang dengan banyaknya siswa yang harus dibimbing saat pembelajaran di kelas menyebabkan guru kesulitan dalam melayani kebutuhan belajar dari semua siswa ditambah pula kemampuan belajar siswa yang berbeda-beda. Saat ini bimbingan belajar di rumah Bu Euis Winarni tidak hanya untuk kelas IX F tapi juga untuk kelas IX lainnya.

"Bimbel ini bersifat sukarela, tidak memaksa, gratis plus disediakan cemilan dan minum. Kalau dirasa kurang, ya mereka boleh membawa makanan sendiri." Bu Euis Winarni berpromosi, maksud beliau agar siswa bersemangat untuk belajar bukan hanya semangat ngemilnya saja.

Awalnya siswa yang datang cukup banyak sekitar 20 orang, namun seiring berjalannya waktu, satu per satu mengundurkan diri. Alasannya macam-macam bahkan banyak juga yang tanpa alasan.



Kini yang masih bertahan sekitar 10 siswa. Namun semangat Bu Euis Winarni untuk terus memacu semangat belajar para siswanya tidak padam. Beliau terus mengajak siswa untuk belajar di mana saja dengan datang ke kediaman beliau atau belajar sendiri di rumah, bahkan bagi siswa yang mampu dapat mengikuti bimbel di tempat lain.

Beliau juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pak Guruh dan Bu Dina yang telah meluangkan waktu untuk membimbing siswa. "Tanpa Pak Guruh dan Bu Dina bimbel ini tidak mampu bertahan sampai saat ini", ucap Bu Euis Winarni merendah.

Semoga makin banyak bapak ibu guru yang memiliki kepedulian dan perhatian seperti Ibu Euis Winarni, Pak Guruh, dan Bu Dina kepada para siswanya agar semangat belajar siswa makin meningkat yang tentunya akan berimbas pada peningkatan mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Tambakdahan kita tercinta ini. Amiin...

0 komentar:

Posting Komentar

 

Total Tayangan Halaman